Rapat Evaluasi UKPBJ Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2019

Penulis: UKPBJ Prov Jatim

Pada Kamis tanggal 12 Desember 2019, Bagian Pengadaan Barang/Jasa Biro Administrasi Pembangunan selaku Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Dukungan Pengadaan Barang/Jasa Pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2019. Acara ini dihadiri oleh perwakilan KPA dan PPK dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam paparan yang dibawakan sendiri oleh Ir. Yuswanto, M.Si selaku Kepala UKPBJ Provinsi Jawa Timur, disampaikan capaian kinerja UKPBJ yang sampai dengan tanggal 09 Desember 2019 telah berhasil menyelesaikan proses pemilihan penyedia untuk 809 Paket Pengadaan dengan total HPS senilai Rp 2.150.277.768.498,00. Kemudian tak lupa disampaikan pula kepada para peserta beberapa permasalahan dan isu penting yang menjadi tantangan untuk Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Jawa Timur di antaranya terkait kegagalan tender, keterlambatan pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang terus menjadi problem dari tahun ke tahun, dan juga bagaimana sektor pengadaan barang/jasa menjadi salah satu objek utama dalam Program Stranas Pencegahan Korupsi dan MCP yang dikawal langsung oleh KPK.

Dalam kesempatan tersebut, UKPBJ Provinsi Jawa Timur juga memperkenalkan dua inovasi aplikasi penunjang pengadaan barang/jasa yang saat ini sedang dalam proses pengembangan yaitu aplikasi Perencanaan Pengadaan Secara Elektronik (PPSE) yang ditujukan untuk menjembatani integrasi Aplikasi Penganggaran Provinsi dengan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) LKPP dan aplikasi Manajemen & Evaluasi Kontrak Pengadaan Barang/Jasa (MERAK BAJA) yang didesain untuk memudahkan PPK dalam melaksanakan manajemen kontrak dan evaluasi kinerja penyedia pengadaan barang/jasa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Prof. Dr. Y. Sogar Simamora, SH., M.Hum. (Guru Besar FH Universitas Airlangga) yang membawakan tema Wanprestasi Penyedia Barang/Jasa Dan Tindak Lanjut Penyelesaiannya.

Adapun materi-materi yang dibawakan pada acara ini dapat di akses pada:

bit.ly/evaluasipbj2019jatim